Selasa, 24 Maret 2015

The Shawshank Redemption(1994) Film lawas yang tetap keren


The Shawshank Redemption(1994), merupakan film drama lawas Amerika Serikat namun masih cukup keren untuk di tonton untuk saat ini, film yang ketika itu dinomisakan untuk 7 kategori Oscar. Film arahan Frank Darabont ini diadaptasi dari cerita pendek berjudul Rita Hayworth and The Shawshank Redemption karya Stephen King yang tidak lain merupakan sahabat dari Frank Darabont. Tentu bukan tanpa alasan jika The Shawshank Redemption ini disebut sebuah film yang keren, film nya sederhana namun mampu menginspirasi siapa pun yang menontonnya.

Berlatar tahun 1947, seorang bankir muda, Andy Dufrasne (Tom Robbin), hidupnya berubah drastis setelah dijatuhi hukuman kurungan 2kali seumur hidup karena dituduh melakukan pembunuhan terhadap istri dan pria selingkuhannya. Andy kemudian dikirim ke sebuah penjara bernama Shawshank Prison. Di penjara Shawshank inilah Andy bertemu dan bersahabat dengan Ellis “Red” Redding (Morgan Freeman), seorang napi yang sudah mendekam di penjara selama 20 tahun ketika Andy datang. Red merupakan salah satu penyelundup barang ke dalam penjara.


kehidupan Andy berubah total di dalam Shawshank, pada tahun-tahun pertamanya adalah merupakan masa – masa terberat bagi andy dimana kehidupannya hanya berisikan penderitaan dan air mata, dimana ia harus menghadapi kelicikan Kepala penjara Samuel Norton (Bob Gunton), kapten penjaga Byron Hadley (Clacy Brown) yang sadis dan tak berperasaan hingga “The Sisters” geng homo yang dipimpin oleh Bogs (Mark Rolston)

Salah satu adegan keren yang saya sukai, yaitu saat Andy nekat memutar dan menodongkan pengeras suara yang bisa didengar oleh seluruh penghuni penjara ke pemutar piringan hitam Duettino - Sull’aria dari opera “Le nozze di Figaro (The Marriage of Figaro)” karya Mozzart.


Ada banyak hal yang bisa di petik dalam The Shawshank Redemption ini, salah satunya yaitu harapan bukanlah sebuah omong kosong. Tapi harapan untuk kehidupan yang lebih baik akan memberikan energi bagi manusia. harta satu2nya setiap manusia adalah HARAPAN. Harapan untuk terus hidup, harapan untuk terus berjuang dan harapan untuk terus melakukan hal baik walaupun tidak berada di tempat yg baik. 

Rasanya jika hanya diceritakan sepertinya tidak seru, biar ga penasaran dengan nasib andy selanjutnya di Shawshank, silahkan tonton saja film ini sendiri dan bersiaplah, perasaan anda akan teraduk – aduk :D


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar